METODE KERJA PERBAIKAN BETON KEROPOS

METODE KERJA
PERBAIKAN BETON KEROPOS
I.               Beton Keropos
Beton keropos timbul akibat pengerjaan beton yang kurang baik, agregat terlalu kasar, kurangnya butiran halus yang termasuk semen, faktor air semen tidak tepat, pemadatan yang tidak sempurna karena rapatnya tulangan, pasta semen keluar dari cetakan yang tidak rapat, dan lain-lainnya. Kerusakan semacam ini biasanya disebabkan oleh cetakan (begiting) yang tidak rapi atau rapat. Hal ini menyebabkan pasta semen mengalir keluar, yang mengakibatkan beton keropos. Untuk perbaikan beton yang keropos biasanya menggunakan beton dengan mutu yang lebih tinggi daripada mutu beton yang telah disyaratkan.

 


  


I.               Perbaikan Beton Keropos


Adapun untuk metode perbaikan beton yang keropos biasanya dapt dilakukan dengan cipping dan grouting. Sebelum pelaksanaan perbaikan dilakukan, sebaiknya dilakukan terlebih dahulu identifikasi kondisi beton yang akan dilakukan perbaikan. Hal ini dilakukan supaya didapatkan metode perbaikan yang paling efisien dari segi biaya mutu dan waktu.

Bahan dan alat yang digunakan :
a.       Conbextra GP (non shrink concrete)
b.      Air Bersih
c.       Mixer
d.      Helm
e.       Kacamata safety
f.       Sepatu Safety
g.      Sikat baja
h.      Palu + Baji
i.        Container pail atau tempat untuk mengaduk
 




Tahapan tahapan perbaikan beton dengan keropos lebih dari 75 mm :
a.       Gunakan alat pelindung diri
b.      Bersihkan permukaan beton yang keropos dengan menggunakan sikat baja, hal ini dilakukan supaya material material lepas di dalam beton tidak tertinggal.
c.       Kemudian cipping daerah2 yang terdapat honeycomp sampai bertemu dengan beton keras menggunakan palu dan baji.
d.      Basahi permukaan yang akan digrouting menggunakan air.
e.       Tutup area yang akan digrouting menggunakan bekisting dengan diberi sisa lubang diatas.
f.       Pastikan tidak ada celah pada pertemuan antara bekisting dengan beton, supaya air semen tidak keluar.
g.      Apabila lokasi yang akan di grouting mempunyai dimensi lebih dari 5 cm maka perlu campuran conbextra perlu ditambah dengan agregat halus, hal ini dilakukan supaya strength beton dapat tercapai dengan baik.
h.      Setelah lokasi siap campurkan conbextra : agregat halus dengan komposisi 1:2 kemudian di mix kurang lebih 3~5 menit supaya campuran homogeny.
i.        Kemudian tuangkan beton kearea yang akan di grouting pelan pelan sampai penuh.
j.        Setelah itu tutup lubang bagian atas
k.      Kemudian padatkan dengan memukul – mukul sisi luar bekisting menggunakan palu karet untuk hasil yang lebih baik.
l.        Setelah 8 jam bongkar bekisting dan curing dengan air untuk menghindari retak akibat pemanasan suhu udara




 




Tahapan tahapan perbaikan beton dengan keropos permukaan :
a.       Gunakan alat pelindung diri
b.      Bersihkan permukaan beton yang keropos dengan menggunakan sikat baja, hal ini dilakukan supaya material material lepas di dalam beton tidak tertinggal.
c.       Kemudian cipping daerah2 permukaan yang terdapat honeycomp sampai bertemu dengan beton keras menggunakan palu dan baji.
d.      Basahi permukaan yang akan digrouting menggunakan air.
e.       Kemudian tutup rapikan permukaan beton yang keropos dipermukaan tadi menggunakan MU-200






 


Komentar

  1. barangkali ada yg membutuhkan perbaikan/repair beton ,semisal bocor basement,dug atap bocor,kamar mandi lantai tingkat yg bocor ke ruangan bawah,tandon beton,kolam yg bermasalah saat mau dikeramik tetapi bocor, beton keropos,retak,ambrol bawah,dll hubungi : taufiq injek beton 081233764637 call wa sms surabaya & luar surabaya ,sebaiknya wa chat dulu mengingat bising sering di lapangan trims

    BalasHapus
  2. Kadang serba salah mau memperbaiko beton yangvkeropos. Mau digrouting kekecilan, mau di patching juga udah terlalu besar. Artikel yang sangat bermanfaat

    omfad

    BalasHapus
  3. Kebetulan banget, saya bekerja dalam bidang yang sama dengan agan. Jika berkenan, bisa simak kami melalui google bisnis.
    Silahkan kunjungi Google Bisnis Tahapan ID

    BalasHapus

Posting Komentar