RPP 2013 Pendidikan Teknik bangunan



RPP 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A.     Identitas
            Nama Sekolah                         : SMK Negeri 4 Jakarta
            Bidang Studi Keahlian             : Teknologi dan Rekayasa
            Program Studi Keahlian           : Teknik Bangunan
            Kompetensi Keahlian              : Teknik Konstruksi Batu dan Beton
            Kelas/Semester                        : X/1
            Pertemuan ke-                          : 1 dan 2
            Alokasi Waktu                         : 10 x (1x 45 Menit)
B.      Kompetensi Inti SMK kelas X:
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

C.     Kompetensi Dasar
3.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis,   bekerjasama, jujur dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
3.2  Memiliki sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
3.3 Memahami dan menentukan hubungan peralatan pengukuran dan pemasangan kadar lumpur dalam penyelesaian masalah nyata.
3.4 Memanfaatkan informasi dari suatu permasalahan nyata, membuat model berupa fungsi dan di lalui dengan proses.

D.                 Standar Kompetensi
·         Melaksanakan pemeriksaan bahan bangunan

E.                 Indikator
·         Menjelaskan tata tertib praktek di lapanagan.
·         Menjelaskan nama dan fungsi berbagai jenis peralatan praktek.
·         Menjelaskan cara membuat laporan tertulis
·         Melaksanakan pengujian kadar lumpur pasir sesuai dengan standar prosedur pengujian yang berlaku
                    
F.      Tujuan Pembelajaran
            Setelah mendapatkan materi prosedur pemeriksaan bahan bangunan, siswa dapat memahami tata tertib praktek di bengkel, mengerti nama dan fungsi berbagai jenis peralatan praktek pengujian bahan, serta cara membuat laporan tertulis.
                        Setelah mendapatkan materi ini, siswa dapat menjelaskan tujuan pengujian, trosedur praktek, melaksanakan pengujian, dan menganalisa hasil pengujian kadar air agregat halus dan kasar serta analisi saringan agregat halus dan kasar.
G.    Materi Pembelajaran
·         Tata tertib praktek di lapangan.
·         Nama dan fungsi kadar lumpur
·         Petunjuk penulisan laporan tertulis praktek lapangan.
·         Pengujian kadar lumpur pada agregat halus dengan cara pengendapan
(Terlampir)
H.    Metode Pembelajaran
·         Pendekatan pembelajaran yang digunakan      : Pembelajaran langsung
·         Metode yang digunakan                                               : Ceramah dan tanya jawab
·         Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning). 
I.    Pelaksanaan Pembelajaran
            a) Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
·         Guru mengabsen siswa
·        Orientasi          : Guru memberikan ilustrasi dan gambaran yang menarik tentang pemeriksaan bahan bangunan
·        Apersepsi        : Guru memberikan persepsi bahwa materi ini lebih mudah dibandingkan materi eksak lain
·        Motivasi          : Guru memberikan motivasi belajar bahwa materi ini nantinya akan digunakan dalam ujian
            b) Kegiatan Inti (205 Menit)
·         Guru menjelaskan materi
·         Membimbing siswa bila memperoleh kesulitan dalam memahami materi
            c) Kegiatan Penutup (10 Menit)
·         Guru memberikan kesimpulan
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·         Guru memberikan evaluasi dengan memberikan pertanyaan
·         Guru memberikan tugas untuk mempelajari prosedur praktek yang akan dilakukan
·         Guru memberikan tugas kepada siswa
·         Guru menutup pertemuan
J.      Media atau Alat Pembelajaran
·         Alat-alat:
o   Laptop
o   LCD
o   Spidol
o   White board
·         Sumber bahan atau acuan:
o   Modul praktek uji bahan jurusan teknik sipil FT UNJ
o   Standar Nasional Indonesia (SNI)

L.     Penilaian
·         Jenis tagihan                : Tugas individu
·         Bentuk tagihan             : Tes tertulis
·         Bentuk soal                  :
1.      Sebutkan alat-alat yang digunakan dalam praktek uji bahan beserta fungsinya!
2.      Sebutkan tata tertib dalam melaksankan praktek ?
3.      Buatlah contoh cara melaksakan pekerjaan jobsheet ?
4.      Sebutkan peraturan pelaksanaan pembuatan laporan jobsheet ?









Jawaban :
1.      Timbangan (mengukur massa benda  uji), gelas ukur (mengukur volume benda uji), thermometer (mengukur suhu benda uji), dll.
2.       Tata Tertib Praktik Uji Bahan
·         Wajib menggunakan wear pack TKBB selama praktek.
·         Boleh menggunakan ruangan lab dan peralatan jika sudah mendapatkan ijin dari kepala lab atau guru yang bersangkutan.
·         Bagi siswa yang praktek, boleh menggunakan ruangan lab dan peralatan jika sudah lulus test pemahaman prosedur praktek.
·         Wajib mempunyai petunjuk praktek.
·         Sebelum dan sesudah praktek, peralatan yang digunakan harus dalam keadaan bersih dan berada di tempat yang sudah ditentukan.
·         Wajib menjaga kebersihan ruangan.
·         Tidak diperkenankan makan dan minum di ruangan lab.
·         Jika terjadi kerusakan alat karena kesalahan pemakai, pengguna wajib memperbaiki/mengganti alat tersebut
3.       
JOB SHEET
PRAKTIKUM UJI BAHAN

(JUDUL PRAKTIKUM)
(TANGGAL PRAKTEK)

DIBUAT OLEH
NIS
KELOMPOK
KELAS

TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON
SMK NEGERI 4 JAKARTA
2011
JUDUL PRAKTIKUM

A. Tujuan Praktikum
B. Peralatan
C. Bahan
D. Prosedur Praktikum
E. Hasil Pengujian
·         Tabel
·         Perhitungan
·         Grafik
F. Kesimpulan

4.       Petunjuk Penulisan Laporan Praktek Uji Bahan
Peraturan
·         Laporan dibuat oleh setiap siswa yang mengikuti praktek.
·         Laporan ditulis rapi dengan tangan.
·         Laporan ditulis menggunakan kertas HVS ukuran A4.

Komentar

  1. maaf mau nanya, kalau prr untuk yg kelas xii mata pelajaran lain ada ngk?

    BalasHapus

Posting Komentar