RPP 2013
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
A. Identitas
Nama Sekolah : SMK Negeri 4 Jakarta
Bidang Studi Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik Bangunan
Kompetensi Keahlian : Teknik Konstruksi Batu dan Beton
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke- : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 10 x (1x 45 Menit)
B.
Kompetensi Inti SMK kelas X:
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C.
Kompetensi Dasar
3.1 Menunjukkan
sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percaya diri dalam
menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
3.2
Memiliki sikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
3.3 Memahami
dan menentukan hubungan peralatan pengukuran
dan pemasangan kadar lumpur dalam penyelesaian masalah nyata.
3.4 Memanfaatkan informasi dari suatu permasalahan
nyata, membuat model berupa fungsi dan di
lalui dengan proses.
D. Standar Kompetensi
·
Melaksanakan
pemeriksaan bahan bangunan
E. Indikator
·
Menjelaskan
tata tertib praktek di lapanagan.
·
Menjelaskan
nama dan fungsi berbagai jenis peralatan praktek.
·
Menjelaskan
cara membuat laporan tertulis
·
Melaksanakan
pengujian kadar lumpur pasir sesuai dengan standar prosedur pengujian yang
berlaku
F. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mendapatkan
materi prosedur pemeriksaan bahan bangunan, siswa dapat memahami tata tertib
praktek di bengkel,
mengerti nama dan fungsi berbagai jenis peralatan praktek pengujian bahan,
serta cara membuat laporan tertulis.
Setelah mendapatkan materi
ini, siswa dapat menjelaskan tujuan pengujian, trosedur praktek, melaksanakan
pengujian, dan menganalisa hasil pengujian kadar air agregat halus dan kasar
serta analisi saringan agregat halus dan kasar.
G. Materi
Pembelajaran
·
Tata
tertib praktek di lapangan.
·
Nama
dan fungsi kadar lumpur
·
Petunjuk
penulisan laporan tertulis praktek lapangan.
·
Pengujian
kadar lumpur pada agregat halus dengan cara pengendapan
(Terlampir)
H.
Metode Pembelajaran
·
Pendekatan
pembelajaran yang digunakan :
Pembelajaran langsung
·
Metode
yang digunakan : Ceramah dan tanya jawab
·
Pendekatan
pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific).
Pembelajaran koperatif (cooperative
learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning).
I. Pelaksanaan
Pembelajaran
a)
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
·
Guru
mengabsen siswa
·
Orientasi
: Guru
memberikan ilustrasi dan gambaran yang menarik tentang pemeriksaan bahan
bangunan
·
Apersepsi : Guru
memberikan persepsi bahwa materi ini lebih mudah dibandingkan materi eksak lain
·
Motivasi : Guru
memberikan motivasi belajar bahwa materi ini nantinya akan digunakan dalam
ujian
b)
Kegiatan Inti (205 Menit)
·
Guru
menjelaskan materi
·
Membimbing
siswa bila memperoleh kesulitan dalam memahami materi
c)
Kegiatan Penutup (10 Menit)
·
Guru
memberikan kesimpulan
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·
Guru
memberikan evaluasi dengan memberikan pertanyaan
·
Guru
memberikan tugas untuk mempelajari prosedur praktek yang akan dilakukan
·
Guru
memberikan tugas kepada siswa
·
Guru
menutup pertemuan
J. Media
atau Alat Pembelajaran
·
Alat-alat:
o
Laptop
o
LCD
o
Spidol
o
White
board
·
Sumber
bahan atau acuan:
o
Modul
praktek uji bahan jurusan teknik sipil FT UNJ
o
Standar
Nasional Indonesia (SNI)
L. Penilaian
·
Jenis
tagihan : Tugas individu
·
Bentuk
tagihan : Tes tertulis
·
Bentuk
soal :
1. Sebutkan alat-alat yang
digunakan dalam praktek uji bahan beserta fungsinya!
2. Sebutkan
tata tertib dalam melaksankan praktek ?
3. Buatlah
contoh cara melaksakan pekerjaan jobsheet ?
4. Sebutkan
peraturan pelaksanaan pembuatan laporan jobsheet ?
Jawaban :
1.
Timbangan
(mengukur massa benda uji), gelas ukur
(mengukur volume benda uji), thermometer (mengukur suhu benda uji), dll.
2.
Tata Tertib Praktik Uji Bahan
·
Wajib
menggunakan wear pack TKBB selama praktek.
·
Boleh
menggunakan ruangan lab dan peralatan jika sudah mendapatkan ijin dari kepala
lab atau guru yang bersangkutan.
·
Bagi
siswa yang praktek, boleh menggunakan ruangan lab dan peralatan jika sudah
lulus test pemahaman prosedur praktek.
·
Wajib
mempunyai petunjuk praktek.
·
Sebelum
dan sesudah praktek, peralatan yang digunakan harus dalam keadaan bersih dan
berada di tempat yang sudah ditentukan.
·
Wajib
menjaga kebersihan ruangan.
·
Tidak
diperkenankan makan dan minum di ruangan lab.
·
Jika
terjadi kerusakan alat karena kesalahan pemakai, pengguna wajib
memperbaiki/mengganti alat tersebut
3.
JOB SHEET
PRAKTIKUM
UJI BAHAN
(JUDUL
PRAKTIKUM)
(TANGGAL
PRAKTEK)
DIBUAT
OLEH
NIS
KELOMPOK
KELAS
TEKNIK
KONSTRUKSI BATU DAN BETON
SMK
NEGERI 4 JAKARTA
2011
|
JUDUL PRAKTIKUM
A. Tujuan Praktikum
B. Peralatan
C. Bahan
D. Prosedur Praktikum
E. Hasil Pengujian
·
Tabel
·
Perhitungan
·
Grafik
F. Kesimpulan
|
4.
Petunjuk Penulisan Laporan Praktek Uji Bahan
Peraturan
·
Laporan
dibuat oleh setiap siswa yang mengikuti praktek.
·
Laporan
ditulis rapi dengan tangan.
·
Laporan
ditulis menggunakan kertas HVS ukuran A4.
maaf mau nanya, kalau prr untuk yg kelas xii mata pelajaran lain ada ngk?
BalasHapus